oleh

‘Telemedicine’ Tersedia untuk Pasien Isolasi Mandiri COVID-19

panjirakyat.net Jakarta – Pemerintah bekerja sama dengan 11 platform telemedicine untuk jasa konsultasi dokter dan jasa pengiriman obat secara gratis bagi masyarakat yang terkonfirmasi positif COVID-19 dan menjalani isolasi mandiri di rumah.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin saat konferensi pers Senin (5/7/2021) mengatakan, apabila harus bertemu dengan dokter tentu akan susah dan juga akan menambah resiko.


“Jika ada kerabat yang terkonfirmasi positif COVID-19 dan saturasinya lebih dari 90 persen kemudian tidak sesak dan tidak memiliki penyakit komorbid, lebih baik isolasi mandiri di rumah,” kata Menkes Budi.

PPKM Darurat, Menkeu: Pemerintah Tingkatkan Alokasi APBN di Bidang Kesehatan dan Perlinsos

Pemerintah Tingkatkan Pasokan Obat-obatan dan Alkes di Masa PPKM Darurat

Hal ini untuk menghindari exposure viral load yang tinggi di RS dan juga akan lebih tenang serta lebih baik untuk yang bersangkutan berada di rumah sehingga imunitasnya terjaga.


Bagi masyarakat yang isolasi mandiri di rumah, Menkes Budi mengatakan, membutuhkan konsultasi, ketenangan, juga diperhatikan, bahwa mereka ini menerima pengobatan yang baik dan benar.

“Biaya ditanggung para telemedicine, start up, juga Kemenkes. Ini semua diberikan secara gratis sebagai kontribusi dari 11 platform telemedicine. Obat-obatan berupa paket dari Kemenkes dan juga terintegrasi dengan laboratorium untuk PCR,” kata Menkes Budi.


11 platform telemedine antara lain, Alodokter, GetWell, Good Doctor, Halodoc, Klikdokter, KlinikGo, Link Sehat, Milvik Dokter, Prosehat, SehatQ, Yesdok. (pr/dea)

News Feed