oleh

Rangkaian FESyar Jawa 2022, BI Jatim Gelar Workshop

-DAERAH-68 Dilihat

Panjirakyat.net Surabaya – Bank Indonesia menggelar talkshow bertema “Inspirasi Ragam Bisnis Syariah” yang merupakan bagian dari rangkaian acara Festival Ekonomi Syariah (FESyar) Jawa 2022. Talkshow yang dilaksanakan di atrium Tunjungan Plaza 6 Surabaya tersebut dimoderatori oleh Wahyu Wiwoho seorang jurnalis senior Metro TV, dengan beberapa narasumber, antara lain Kepala divisi bisnis dan ekonomi syariah MUI Moch. Bukhori Muslim, Owner Ethica Fashion Asep Mulyadi, dan dr. Irmadita Citrashanty seorang dermatologist sekaligus pengusaha.

Tujuan diadakannya talkshow ini adalah untuk memberikan inspirasi kepada masyarakat umum tentang bisnis syariah yang sangat beragam di era modern ini. Beragam peluang bisnis syariah tersebut dibagi menjadi dua, yakni halal product yang meliputi halal food, restoran halal, kosmetik halal, kain, elektronik, aksesoris dan lain sebagainya. Yang kedua adalah halal lifestyle yang meliputi travel syariah, hotel syariah, spa syariah, dan lain sebagainya.

Gubernur Khofifah Ajak Penyandang Disabilitas Peserta Job Fair Nikmati Cantiknya Grahadi Malam Hari

BSU Cair mulai Besok, Ini Syarat-Syaratnya

Tidak hanya itu, pada talkshow sore ini disampaikan juga akan pentingnya sebuah usaha memiliki sertifikasi halal. Baik itu produk makanan, kosmetik, atau bahkan termasuk kain juga bisa diberi sertifikasi halal.

Menurut dermatologist dan pengusaha, dr. Irmadita, dengan memberikan sertifikasi halal dapat menaikkan omset dari suatu usaha. Negara Indonesia adalah negara mayoritas Islam, maka wajar saja apabila suatu usaha sudah memiliki sertifikasi kemudian peningkatan omsetnya signifikan.

FESyar Jawa 2022 mengangkat tema “Sinergi Ekonomi dan Keuangan Syariah Jawa untuk Memperkuat Pemilihan Ekonomi Jawa yang Inklusif”. Tema ini dinilai relevan dengan kondisi terkini dan diharapkan mampu meningkatkan peran serta sinergi ekonomi syariah Jawa agar dapat berperan sebagai outlet ekonomi dan keuangan syariah di level regional khususnya wilayah Jawa. FESyar Jawa merupakan rangkaian kegiatan Road to Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) ke-9 yang akan diselenggarakan pada 5-9 Oktober Oktober 2022 di Jakarta, sebagai pamungkas dari 2 (dua) gelaran FESyar sebelumnya untuk di wilayah Kawasan Timur Indonesia (KTI) dan Sumatera yang diselenggarakan di Provinsi Aceh dan Makassar.

Gelaran FESyar Jawa mengangkat Ambience History of The Great Walisongo sebagai bentuk apresiasi kepada wali songo melalui keindahan nada dan tari, serta mempersembahkan FESyar sebagai upaya menguatkan nilai-nilai Islam di Jawa. Rangkaian Fesyar Jawa dilaksanakan secara hybrid, terdiri dari Sharia Forum dan Sharia Fair yang diselenggarakan pada 8 – 10 September 2022. (pr/Dea)