oleh

Muscab PKB Serentak, inilah Lima Pesan Sekertaris DPW PKB Jawa Timur

-JAWA TIMUR, NEWS-34 Dilihat

Panjirakyat.net Surabaya – Sekertaris DPW PKB Jawa Timur Anik Maslachah yang karib disapa Mbak Anik memberikan lima pesan kepada DPC PKB yang akan menyelenggarakan Musyawarah Cabang Serentak se-Indonesia besok, Minggu (7/3/2021).

Mbak Anik menyatakan, PKB merupakan partai politik yang strategis ikut mewarnai dan menentukan bangsa Indonesia. Ketika reformasi berhasil, ungkap Mbak Anik, era Orde Baru kemudian berganti wujud menjadi era demokrasi. Berikutnya para perintis demokrasi yang merupakan kaum demokratis yang memiliki semangat kemanusiaan yang tinggi, kemudian berkumpul dan berfikir bersama dengan Nahdlatul Ulama (NU) menyusun sebuah partai yang menjadi alternatif bagi pengawal jalannya reformasi. Akhirnya pada 23 Juli 1998 PKB dideklarasikan.

Kementerian Kelautan & Perikanan: PP 27/2021 Jamin Kemudahan Usaha Perikanan Tangkap

PT Petrogas Jatim Utama Terlalu Lama Dipegang Plt, Aliansi Cinta NKRI Desak Gubernur Khofifah Segera Lakukan RUPS Luar Biasa

“PKB lahir dari NU Organisasi Islam terbesar di Indonesia bahkan dunia, NU berdiri sebelum negara ini merdeka, bahkan tokoh-tokoh NU ikut berperan aktif dalam kemerdekaan, kemudian ketika reformasi para tokoh NU mendirikan partai dengan semangat reformasi, sebelum dideklarasikannya era baru reformasi dan demokrasi hingga memulai tahapan baru era demokrasi dan era reformasi. Kemanusiaan adalah di atas politik, kemanusiaan haruslah menjadi tujuan utama dari perjuangan politik kita, khususnya PKB,” ujar Mbak Anik, Sabtu (6/3/2021).


Kedua, Anik Maslachah menegaskan bahwa Muscab serentak ini diadakan supaya ada penyeragaman masa bakti kepengurusan agar lebih siap lagi dalam mengawal pemilu serentak baik pileg maupun pilpres.

“Muscab dilaksanakan serentak se indonesia, sebagai pelaksanaan mandat muktamar di bali 2019, bahwa diperlukan penyeragam masa bakti kepengurusan yang harus dilakukan serentak untuk menyiapkan kemenangan pemilu serentak baik pilpres, pileg maupun pilkada 2024.” Ungkapnya.

Ketiga, Anik Maslachah mengajak agar para kader PKB di Kabupaten/Kota menata skruktur kepengurusan hingga desa
“Penataan struktur ini dilakukan hingga DPRt yang secara serentak pula. Ritmenya setelah muscab, diperkirakan juli musancab dan september 2021 musranting. Karenanya penataan struktur jalan tuntas di tahun 2021 ini.” Paparnya


Keempat, Anik Maslachah Menghimbau para Kader PKB agar mematuhi Protokol Kesehatan karena sekarang masih masa pandemi

“Muscab se jatim digelar di 38 kabupaten/kota dengan jumlah DPAC 668 yang dilaksanakan dimasing-masing DPC dengan total peserta 3.158 se jatim yang wajib dilakukan dengan prokes dan diawali pidato pengarahan secara virtual oleh Ketua Umum DPP untuk seluruh Indonesia.” Tutur mantan kader IPPNU ini.

Kelima, Anik Maslachah Mengngingatkan bahwasannya muscab kali ini tidak sama dengan yang lalu, dimuscab kali ini system yang dipakai ditata dan dibagun lebih efektif


“Pada muscab ini tidak hanya menilai LPJ DPC, merumuskan program kerja untuk 5 tahun juga, sekaligus menetapkan serta pengukuhan kepengurusan oleh DPP PKB. Jadi sistem penataan struktur yang dibangun lebih efektif, karena PKB tidak ingin hanya berkutat pada persoalan administratif, tapi lebih cepat dapat berbuat melayani masyarakat. Berharap muscab berjalan lancar, kondusif, demokratis dan semua kader mengedepankan kepentingan yang lebih besar yaitu membuat keputusan-keputusan yang bisa membawa kemaslahatan ummat sebagai bentuk pelaksanaan politik rohmatan lil’alamin yang menjadi dasar pijakan PKB selama ini.” Pungkasnya.(pr/ttk)