oleh

LPBI NU Jatim bareng BSI dan Lazis NU Fasilitasi warga korban Gempa di Kabupaten Malang dengan Mushola Portable

-JAWA TIMUR-63 Dilihat

Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI-NU) Jawa Timur bekerjasama dengan Bank Syariah Indonesia (BSI) dan Lembaga Amil Zakat Nahdlatul Ulama (Lazis NU) Jatim menyediakan fasilitas mushola Portable untuk korban gempa di Kabupaten Malang.


Penyediaan mushalla Portable ini berawal dari kondisi mushola yang beratapkan terpal sering rusak karena terpaan angin kencang.

Gubernur Khofifah ajak buruh dan pengusaha Saling kolaborasi atasi masalah Ketenagakerjaan

Kolaborasi GNI, GAAS, dan Komunitas Club Motor Genre Membagikan Takjil dan Masker

Hal ini yang membuat LPBI NU, BSI dan Lazisnu menyediakan musholla portabel untuk para warga korban gempa di Kabupaten Malang.


Mushola Portable ini merupakan desain ulang box kontainer yang dimodifikasi seperti mushola. Box kontainerpun dibikin bongkar pasang sehingga menyerupai mushola terbuka dengan lebar 7X7 meter persegi dan diperkirakan muat hingga 20 jamaah.

“Kendaraan ini kita desain ulang, dibuat seperti mushola. Kita berharap para warga nanti dapat memanfaatkan mushalla terbuka ini untuk beribadah,” kata Ketua LPBI NU Jatim Saiful Amin


Selanjutnya, untuk kelistrikan Amin mengatakan, mushola Portable ini memakai mesin diesel atau memanfaatkan sambungan listrik dari mushalla terdekat yang masih direnovasi akibat gempa.

“Kita manfaatkan dulu listrik dari mushalla yang masih direnovasi. Soalnya kalau pakek diesel, memakan banyak solar dan listriknya hanya bertahan beberapa jam,”


Untuk saat ini, Amin menyebutkan masih tersedia satu unit di Jatim. Oleh karenanya, pihaknya berharap pemerintah juga hadir dalam penyediaan mushola Portable ini.

“Jika kita bangun banyak, pihak kami kekurangan biaya. Kami berharap pemerintah juga berinisiatif membangun fasilitas ibadah, seperti mushola Portable ini,” ujarnya.(pr/tok)