oleh

Ketua Domisioner Peradah Indonesia: Pentingnya Memaknai Pancasila untuk Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

-JAWA TIMUR-45 Dilihat

Panjirakyat.net Surabaya – Mantan Ketua Peradah Jawa Timur Inyoman Bintare Prayudi berharap di momen Hari Lahir Pancasila para pemuda dapat menumbuhkan rasa nasionalismenya terhadap tanah air.

Seperti diketahui, Peradah sendiri merupakan organisasi kepemudaan umat Hindu.


Prayudi mengatakan, pancasila sebagai dasar filosofis dalam berbangsa dan bernegara sudah sepatutnya diamalkal oleh para pemuda. Diimplementasikan nilai-nilai juang yang sudah dirumuskan oleh para pendahulu.

“Dimomen berharga ini, para leluhur sudah mengamanahkan kita dasar yang kuat. Ini harus kita jaga, dan disosialisasikan kesemua orang. Sebab, Pancasila tidak bertentangan dengan semua agama,” kata Prayudi, Selasa (1/6/2021).

Seskab Pramono Anung: Pancasila Senjata Ampuh Atasi Persoalan Bangsa

DPRD Trenggalek Minta Penjeasan Pemkab soal Pembangunan RS di Panggul

Ia berpesan, khususnya kepada pemuda Hindu, agar senantiasa waspada terhadap paham-paham yang dapat merongrong persatua dan kesatuan. Bukan tidak mungkin, paham radikalisme ini mengancam bagi siapa saja. Oleh karenanya, penguatan Pancasila harus terus dijaga dan dikuatkan.


Ia mengatakan, dalam Perada sendiri juga sudah diajarkan terhadap makna dan filosofis Pancasila kepada semua anggota. “Memang kita tanamkan nilai Pancasila di setiap anggota Peradah, dengan harapan menjaga stabilitas persatuan ditengah kemajemukan ini,” kata Ketua Peradah Jatim yang baru di demisioner ini.(pr/tok)