oleh

Hari TBC, Pemkab Sumenep Launching Desa Siaga TBC

-DAERAH-164 Dilihat

Panjirakyat.net Sumemep – Momentum peringatan Hari TBC 2021 Wakil Bupati Sumenep Nyai Hj Dewi Khalifah resmi Launching Desa Siaga TBC di Desa Grujugan Gapura, Sumenep Madura Jawa Timur Rabu, 24 Maret 2021.

Peresmian Desa Siaga TBC ditandai dengan pemukulan Gong (Alat Musik Tradisional) oleh Nyai Hj Dewi Khalifah.


Turut hadir dalam peresmian Desa Siaga TBC anggota DPRD Fraksi PPP serta Camat Kecamatan Gapura dan Kades Grujukan serta tokoh masyarakat.

Presiden Jokowi Pastikan Distribusi Vaksin COVID-19 Merata di Seluruh Indonesia

PT. Pertamina Impor Kapal Tanker, KN-RMI Minta Meneg BUMN Copot Mulyono selaku Direktur Logistik dan Infrastruktur 

Berdasarkan laporan WHO Indonesia peringkat kedua dalam penyakit TBC dengan 845 ribu orang dengan estimasi 96 ribu kematian atau 11 kematian perjamnya

Penyakit Tuberculosis atau lebih dikenal dengan TBC rasanya sudah tak asing lagi di Indonesia. Sebab, penyakit ini sudah lama menjangkit sebagian masyarakat dari Sabang sampai Merauke.


Berdasarkan data Stop TBC Patnership Indonesia (STPI), Indonesia adalah negara terbesar ke 3 dalam penyebaran TBC

Kasus TBC di Kabupaten Sumenep mengalami peningkatan setiap tahunnya hal ini berdasarkan data dari dinas kesehatan Kabupaten Sumenep

Pada tahun 2018 total adal 1708 kasus, pada 2019 total 1882 kasus pada tahun 2020 ditemukan 1667 kasus.

“Rata-rata kasus TBC masih dalam usia produktif sangat disayangkan sekali,” kata Nyai Hj Dewi Khalifah.

Menurut Nyai Eva, untuk di Jawa Timur Kabupaten Sumenep peringkat pertama jumlah penderita TBC. “Ini bukan ringking kelas tetapi penyakit,” jelasnya.


Perlu diketahui di Desa Grujugan terdapat 20 kasus TBC dengan rincian 20 kasus 12 sembuh dan 8 orang dalam tahap penyembuhan.

Untuk menekan angka laju penyakit TBC ini perlu ada sinergitas seluruh elemen serta memberi pehamaman soal penyakit TBC. “Kami berharap setiap tahunnya angka TBC bisa diturunkan. dengan harapam pembentukam Desa Siaga diikuti desa yang lain,” tandasnya.(pr/rus)