oleh

Dorong Gelar Pahlawan Untuk Kiai Kholil, Halim : Tidak Ada PKB Tanpa Syaikhona Kholil

-NASIONAL-40 Dilihat

panjirakyat.net Surabaya – Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Timur terus mendorong pemerintah agar segera menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada KH Muhammad Kholil bin Abdul Lathif Basyaiban al-Bangkalani atau Kiai Kholil.

Ketua DPW PKB Jatim, Abdul Halim Iskandar mengatakan, dorongan penganugerahan pahlawan nasional untuk Kiai Kholil adalah suatu keniscayaan bagi partai berembrio Nahdlatul Ulama (NU) ini.


Sebab itu, bentuk dorongan pun akan terus dilakukan PKB sebagai sebuah tanggung jawab moral kepartaiannya, mengingat jasa Kiai Kholil begitu besar dalam mencerdaskan serta membentuk pola pikir bangsa Indonesia.

Ketua DPRD Jatim Himbau Warga Jangan Terpancing Atas Insiden Bom di Gereja Katedral

Gubernur Khofifah, Ditengah Pandemi Investasi di Jatim Mencapai 33,8 Persen

“Kita sadar betul bagaimana peran dan tanggung jawab yang sudah dihasilkan oleh Syaikhona Kholil. Makanya tanpa syarat tidak ada bebab apapun tanpa disuruh siapapun bagi PKB adalah sebuah keniscayaan” Kata Halim Iskandar, Senin (29/3/2021).


Tidak hanya itu, Halim mengungkakan, sebagai instrumen politik yang berhaluan ahlussunnah wal jamaah (Aswaja) PKB berkewajiban mengawal betul para pendahulunya, hal tersebut berdasarkan rantai sejarah terbentuknya partai berlambang bola dunia ini menjadi salah satu partai besar yang mampu berkontribusi terhadap regulasi politik Indonesia.

“Tidak ada Nahdlatul Ulama tanpa adanya Syaikhona Kholil. Tidak ada PKB tanpa adanya Nahdlatul Ulama. Ini adalah kewajiban kita,” tegasnya.


Ia mengingatkan, dorongan penyematan gelar kepahlawanan kepada Kiai Kholil merupakan tanggung jawab bersama sebagai penikmat jasa-jasanya.

Tak hanya itu, gelar pahlawan nasional ini juga akan menjadi penjaga nilai-nilai yang sudah diwariskan Kiai Kholil untuk terus dihidupkan dan diaplikasikan bagi penerus bangsa.(pr/ttk)