oleh

Baru Satu Tahun Jadi Ketum di Demokrat, AHY Diguncang Kudeta

-NASIONAL, NEWS-46 Dilihat

Panjirakyat.net Jakarta – Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) jadi topik utama pemberitaan sejak munculnya isu kudeta terhadap kepemimpinannya di partai. Pemberitaan makin ramai setelah isu kudeta itu jadi kenyataan dengan digelarnya Kongres Luar Biasa (KLB) di Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat 5 Maret 2021.

Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko akhirnya terpilih sebagai Ketum Demokrat versi KLB tersebut. Moeldoko memang sejak awal dituding punya niat mengkudeta kepemimpinan AHY.


Setelahnya, antara dua kubu terlibat saling serang. AHY menganggap KLB tersebut ilegal dan melanggar akal sehat. Menurutnya, Moeldoko sudah sejak awal berniat mencaplok partai berlambang bintang mercy.

Mengenal Lebih Jauh Jenis SIM di Indonesia

Eri Cahyadi Hadiri Muscab DPC PKB, Sinyal Kuat Bangun Sinergitas Kota Surabaya

“KSP Moeldoko memiliki ambisi pribadi untuk mencaplok, mendongkel kepemimpinan Demokrat yang sah. Kami tentu ingin terus menggunakan akal sehat dan hati nurani,” ujar AHY saat menggelar apel siaga di Kantor DPP Demokrat, Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat.

Proses AHY di Demokrat hingga jadi Ketum memang terbilang cepat. Putra Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu memulai kiprahnya di Demokrat pada 2018 ketika diangkat sebagai Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma), pada 17 Februari 2018.

Tugas AHY saat itu adalah membawa partainya jadi pemenang saat Pemilukada 2018 dan Pemilu Legislatif 2019. Dia pun jadi juru kampanye dan menkonsolidasikan seluruh kader agar bisa memenangkan para calon yang diusung partai.


Hasilnya, pada Pileg 2019, Demokrat meraih 10.876.507 suara (7,77 persen) dari target perolehan 15 persen.

Masih di tahun 2019, AHY lantas ditunjuk sebagai Wakil Ketum Demokrat. Sekitar 5 bulan setelahnya, tepatnya 15 Maret 2020, AHY terpilih secara aklamasi sebagai Ketum Demokrat di Kongres ke V Partai Demokrat di JCC Senayan. AHY menggantikan SBY.

Lantas pada Februari 2021 alias belum genap setahun kepemimpinannya, AHY diguncang isu kudeta. Hingga akhirnya KLB benar-benar terjadi di Deli Serdang.(pr/Dea)