oleh

Bantu Tumbuh Kembang Si Janin, Ini Dia Rekomendasi Buah Untuk Ibu Hamil

panjirakyat.net Kesehatan – Membuat pilihan makanan yang sehat sangat penting bagi ibu hamil. Sebab, makanan tersebut akan menjadi nutrisi yang penting, tidak hanya untuk ibu hamil, tapi juga untuk pertumbuhan dan perkembangan janin.

Pembicaraan seputar nutrisi terbaik selama kehamilan memang enggak ada habisnya, salah satunya pertanyaan terkait buah yang bagus untuk ibu hamil.

Siapa nih bumil yang juga sedang mengoptimalkan asupan nutrisi untuk tubuhnya melalui konsumsi buah? Pertahankan terus ya kebiasaan yang satu itu.

Faktanya, buah-buahan telah terbukti dipenuhi oleh nutrisi yang sangat bagus untuk ibu hamil. Ketika mengonsumsinya selama kehamilan, kemungkinan besar kamu akan mendapatkan vitamin, mineral, dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh dan bayi.

Dengan mengonsumsi buah-buahan, hal itu juga membantu mencegah sembelit dan mengatasi beragam gejala umum selama kehamilan.


Terus, buah apa saja sih yang bagus untuk dikonsumsi oleh ibu hamil? Sebelum jadi penasaran, yuk simak daftar lengkapnya di bawah ini!

Perlu diketahui inilah Alur Layanan Telemedisin Bagi Pasien Isolasi Mandiri

Mawar cantik dan harum untuk perawatan kulit

Daftar Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil


Jeruk
Pada masa kehamilan, jeruk akan membantu bumil untuk tetap terhidrasi. Jeruk menjadi sumber folat. Secara lebih lanjut, HealthLine juga menekankan, folat merupakan vitamin B yang penting banget dalam mencegah cacat otak dan cacat sumsum tulang belakang atau dikenal sebagai cacat tabung saraf.

Selain itu, The American College of Obstetrics and Gynecology (ACOG) juga merekomendasikan untuk mengonsumsi 600 mikrogram (mcg) asam folat per hari saat hamil.

Selain folat, jeruk juga menjadi sumber vitamin C yang bagus untuk tubuh. Vitamin C akan mencegah kerusakan sel dan membantu tubuh bumil untuk menyerap zat besi sehingga risiko kekurangan darah akan menurun.


Mangga
Selain jeruk, mangga juga menjadi sumber vitamin C. Satu cangkir jus mangga murni dapat memberikan 100 persen kebutuhan harian vitamin C yang direkomendasikan bagi ibu hamil.

Enggak cuma itu lho, mangga juga mengandung vitamin A dengan kadar yang lebih tinggi dari buah lainnya. Konsumsinya menjadi penting karena bayi yang kekurangan vitamin A selama dalam kandungan cenderung akan memiliki imunitas yang lebih rendah dan risiko lebih tinggi terkena komplikasi diare atau infeksi pernapasan.

Namun tetap penting bagi kamu untuk memperhatikan jumlah pengonsumsiannya, ya. Imbangi dengan berbagai buah yang lain dan batasi konsumsinya dalam jumlah sedang.


Alpukat
Bila membahas tentang folat, alpukat merupakan buah yang mengandung lebih banyak folat dibandingkan buah-buahan yang lain, bumil. Ia juga menjadi sumber yang bagus dari vitamin C, vitamin B, vitamin K, sserat, kolin, magnesium, dan kalium.

HealthLine juga menyebutkan, beberapa wanita yang mengonsumsi buah alpukat cenderung terasa dibantu dalam meredakan mual. Hal itu memang mungkin banget terjadi karena kandungan potasium dan magnesium di dalam alpukat.

Bagi kamu yang kerap mengalami kram kaki selama kehamilan, alpukat juga menjadi buah yang disarankan untuk dikonsumsi karena kalium dan magnesium yang ada di dalamnya berperan dalam meredakan kram.

Enggak cuma bagus untuk tubuh ibu hamil, alpukat yang memiliki kolin dapat mencukupi kebutuhan kolin bagi perkembangan otak dan saraf bayi. Kalau kekurangan kolin, kondisi tersebut dapat memicu cacat tabung saraf dan gangguan memori seumur hidup bayi kita.


Lemon
Hampir sama dengan alpukat, lemon juga dapat membantu meringankan mual selama kehamilan, nih. Bahkan, aroma lemon saja bisa meredakan gejala mual. Selain itu, lemon yang juga kaya vitamin C akan membantu melancarkan sistem pencernaan ibu hamil yang kerap terganggu oleh hormon kehamilan.

Pisang
Pisang memiliki sumber kalium yang bagus. Ia juga mengandung vitamin B6, vitamin C, dan serat. Mengonsumsi pisang yang kaya serat dapat membantu mengurangi sembelit yang sering dialami oleh ibu hamil. Kandungan B6 juga bisa meredakan mual dan muntah pada awal kehamilan, ya.

Beri
Buah beri, seperti blueberry, raspberry, dan blackberry memiliki beragam kandungan yang baik, mulai dari karbohidrat, vitamin C, serat, dan folat.

Peran yang paling menonjol dimiliki oleh karbohidrat karena ia dapat memberikan energi kepada ibu hamil. Selain itu, dengan mudah, karbohidrat dapat melewati plasenta untuk memberikan asupan kepada bayi.


Apel
Apel yang tinggi serat sekaligus sumber dari vitamin C, vitamin A, potasium, dan pektin, bagus banget nih untuk dikonsumsi selama kehamilan. Untuk nutrisi terbaik, kamu yang sedang hamil juga dianjurkan mengonsumsi apel sekaligus kulitnya. Tapi, pastikan dulu ya, kamu sudah membilas dan membersihkannya dengan air.

Nah itu dia, 7 buah yang bagus untuk ibu hamil. Intinya, mengonsumsi buah selama kehamilan dapat membantu kamu memastikan bahwa tubuh dan bayi tetap sehat dan siap terlahir dengan sehat.

Kalau ada pertanyaan atau kekhawatiran tentang porsi konsumsi buah selama kehamilan, segera dikonsultasikan saja ya kepada dokter kandungan. Semangat terus dalam memilih asupan makanan terbaik, bumil. Semoga sehat selalu sampai waktu persalinan tiba! (pr/dea)

News Feed