oleh

Aliansi Cinta NKRI: Peringatan Hari Lahir Pancasila, Instrumen Penting dalam Demokrasi Politik Berbangsa dan Bernegara

-RUANG PUBLIK-49 Dilihat

Panjirakyat.net Surabaya – Hari ini, 1 Juni diperingati sebagai hari Lahir Pancasila. Diharapkan para pemuda lebih menanamkan nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila. Sebagai upaya untuk memperkuat jati diri Bangsa Indonesia yang merupakan Negara Kesatuan.

Dalam peringatan hari lahir Pancasila Aliansi Cinta NKRI (ACN). menyampaikan sikap tegas agar peringatan Hari Lahir Pancasila kali ini harus dijadikan momentum untuk semakin membumikan Pancasila yang menjadi dasar landasan bagi sikap dan perilaku yang nyata dalam kehidupan sehari-hari.


Ahmad Zazuli Ketua Aliansi Cinta NKRI menyampaikan, Bukan hanya sekadar acara seremonial tahunan dan nostalgia sejarah, namun bagaimana kita semua mengamalkan butir-butir yang terkandung didalamnya, dalam keterangannya di Surabaya, Selasa (1/6/2021).

Ketua Domisioner Peradah Indonesia: Pentingnya Memaknai Pancasila untuk Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Seskab Pramono Anung: Pancasila Senjata Ampuh Atasi Persoalan Bangsa

Menurutnya, budaya Gotong Royong merupakan tujuan utama selain Pancasila sebagai instrumen dalam demokrasi politik berbangsa dan bernegara tentu hal ini sangat mendesak untuk dihadirkan dalam perikehidupan politik, terutama bagi kelompok organisasi masyarakat, organisasi pemuda dan partai-partai politik.


Dengan demikian proses demokrasi di Indonesia, tidak diwarnai oleh kelompok yang kedok agama, yang dengan mudah menjastifikasi kelompok lain kafir.”tutur pria yang akrab disapa cak djaz.

Baru-baru ini kita semua tau dengan fenomena polarisasi Agama, Kompetisi politik yang liberal dan berbiaya mahal (padat modal) yang bertemu dengan arus politik aliran akan bisa memunculkan efek destruktif bagi demokrasi kita,” ujarnya.


Cak djaz menjelaskan, Pancasila harus digaungkan lebih masif kembali dan dipraktekkan dengan semangat gotong royong untuk mempersatukan kemajemukan NKRI.

“Kita sudah di warisi Bhinneka Tunggal Ika untuk hidup berdampingan, saling menghormati dan Saling menjaga toleransi, pesan mendasar untuk mengamalkan Pancasila,” katanya.

Selain itu, Ketua Umum Aliansi Cinta NKRI juga meminta BPIP untuk makin berperan nyata bukan hanya sebagai simbolisasi kelembagaan yang bernaung didalam pemerintah, tentu harus merumuskan formula operasional tentang ber-Pancasila di dalam setiap dimensi kehidupan, berbangsa dan bernegara.


“Lebih penting lagi nilai kebangsaan dalam setiap aktivitas penerimaan CPNS/Akmil/Akpol dll. Harus benar-benar dikaji bukan hanya sebatas pelengkap persyaratan bagi pelamar” tambahnya.

“Dalam memperingati hari lahir Pancasila yang jauh lebih penting adalah Prinsip mewujudkan Gotong Royong, Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia bukan adil untuk golongan dan kelompok tertentu,” pungkasnya. (Pr/Dea)